Monday, August 28, 2006

KITA ADALAH APA YANG KITA BACA DAN TEMANI


Kamu adalah sama seperti kamu pada 5 tahun yang akan datang kecuali karena 2 hal yaitu buku yang kamu baca dan orang-orang disekeliling kamu. Berteman dengan penjual minyak wangi maka kita akan ikut wangi. Bergaul dengan penjual sapi, kita akan bau sapi. Begitu juga berteman dengan orang yang optimis, pasti kita ketularan optimis.

Diri kita seperti...

teko air. Benda itu akan mengeluarkan apa saja yang dimasukkan kedalamnya. Kalau yang dimasukkan kopi, maka kopilah yang akan keluar, kalau yang dimasukkan angin ya tentu angin yang akan keluar. Buku merupakan makanan otak yang paling bergizi. Orang yang memasukkan kedalam otaknya berbagai macam kebijaksanaan maka jangan heran kalau yang terjadi adalah empati. Orang yang memasukkan kedalam otaknya kecurigaan maka yang keluar adalah kebencian. Bacaan yang kita baca akan membentuk rangkaian informasi yang akan keluar jika ada rangsangan dari luar yang mempunyai gelombang yang sama dengannya.

Selain buku teman turut berpengaruh terhadap perilaku seseorang. Orang bijak pernah berkata untuk menilai secara cepat siapa seseorang lihatlah siapa temannya. Berteman dengan orang yang penuh semangat, akan melipatkan semangat yang sudah kita miliki. Berteman dengan pecundang, silahkan menuai kegagalan. Berbahagialah orang yang selalu dikelilingi orang-orang yang senantiasa belajar melalui kampus kehidupan.

No comments: